Upaya Membangkitkan Idola yang Terlupa

Nama untuk jenis burung Anis Kembang mungkin tidak sepopuler Murai Batu, Lovebird, Kacer, atau bahkan saudara dekatnya Anis Merah. Namun kicaumania lawas mungkin ingat di dekade 90an – 2.000an, Anis Kembang pernah jadi burung termahal.

Waktu itu, anis kembang asal sudah ngriwik apalagi teler, harganya langsung dibandrol 3 – 5 juta-an. Ingat itu tahun 2.000an awal. Bandingkan dengan harga bakalan cucakrawa yang waktu itu masih kisaran 500-700 ribu. Sekarang harga cucak rawa bisa anakan bisa makan sendiri sudah sampai 9 juta-an.

Hal ini sama dengan yang dituturkan oleh salah satu penggemarnya, Zeen J.A.K. Pada tahun 2.000 dia hunting Anis Kembang di daerah Gunung Muria, Jepara. Anakan yang baru belajar ngriwik sudah dipatok 3 juta rupiah.

Baca Juga: Suara Burung Anis Kembang

Namun perlahan kepopuleran Anis Kembang menurun dan akhirnya sempat hilang sama sekali. Tidak ada lagi kelas Anis Kembang di Latberan, Latpresan, lomba lokal dan regional, bahkan di sejumlah even besar sekali pun.

Berbekal kecintaan terhadap burung asli Indonesia ini, anak-anak muda Jogjakarta akhirnya membuat sebuah komunitas bernama “Jogja Anis Kembang”. Bermula dari Group Facebook yang saat itu diprakarsai oleh Om Ceples AW dan kawan-kawan. Kemudian berlanjut ke group WA dan agenda Kopdar.

Misinya sama yaitu bagaimana membuat pamor Anis Kembang di Jogjakarta dan blok tengah bisa kembali populer seperti dulu. Teman-teman J.A.K sadar bahwa sebenarnya penggemar Anis Kembang di Jogjakarta sangat banyak dan tersebar, namun kebanyakan memelihara Anis Kembang hanya untuk dinikmati di rumah.

Hal itu karena Latberan dan Latpresan di Jogjakarta belum pada membuka Anis Kembang. Di beberapa even besar gelaran PBI, memang di buka kelas Anis Kembang, dan jawara umumnya dari luar kota bahkan luar blok, apakah itu dari blok barat atau timur.

Andri yang saat ini dipercaya sebagai ketua J.A.K berusaha melakukan berbagai upaya agar komunitas ini bisa membangkitkan kelas Anis Kembang di Jogjakarta. Mulaidari kopdar rutin, akhirnya kelas Anis Kembang bisa dibuka untuk pertama kalinya di bursa Latber Pasiba setiap sabtu sore.

Terkadang berdasarkan request dari anggota J.A.K, kelas Anis Kembang juga dibuka di Latber Sabtu KMYK di Taman Kuliner Condong Catur. Mulanya hanya kisaran 7 burung yang digantang, namun perlahan saat ini sesi Anis Kembang sudah mulai ramai, bisa tembus hampir 20 burung. J.A.K yakin jumlah peserta di kontes rutin ini ke depannya akan semakin banyak pesertanya.

Selain meramaikan Latberan kelas Anis Kembang, J.A.K ke depan juga akan membuat even gantang gratis berhadiah untuk kelas Anis Kembang. Tujuannya adalah selain sarana promosi mengenai Anis Kembang juga bisa menarik minat pemilik anis kembang yang masih ragu menggantangkan burungnya karena takut tidak bunyi dan semacamnya.

Teman-teman J.A.K juga berusaha mendatangkan burung-burung berkualitas dari luar Jogja agar persaingan kelas Anis Kembang di jogja dan blok tengah bisa semakin ramai. Yang ter-update adalah take over Anis Kembang legendaris “RPM” oleh om zeen J.A.K yang diharapkan bisa bersaing dengan blok barat & timur jika ada even-even besar di jogja.

Walaupun masih sepi peminat, namun Jogjakarta selalu menjadi tempat berkumpulnya penggemar Anis Kembang seluruh Indonesia. Even-even besar seperti Valentine Jogja Vaganza yang akan digelar besuk 12 Februari, Soeharto Cup di Borobudur 26 Maret yang akan datang, Piala Pakualam & Piala Raja, merupakan ajang pertempuran yang saat ini juaranya didominasi oleh blok Barat & Timur.

Lepas dari mana juaranya, hal ini menjadi potensi yang besar agar kelas ini bisa kembali dibangkitkan dari Jogja. Menurut catatan burungnews, take over tertinggi anis kembang juga terjadi saat lomba di Babarsari, Jogja, antara Mardi Solo melalui Roy dengan Afung Cikampek. Waktu itu, awal 2.000an, nilainya disebutkan 150 juta.

Anda para pecinta anis kembang di Jogja dan sekitarnya, yuk bergabung dengan komunitas agar lebih mudah dalam bertukar pikiran dan informasi, juga lebih gampang melakukan koordinasi misal hendak meramaikan kelas Anis Kembang di suatu even. Silakan hubungi Zeen di 081392133922 untuk informasi mengenaik komunitas J.A.K.

Sumber: burungnews.com