Pernah Ditawar Rp 2 M, Ini Keistimewaan Lovebird Kusumo yang Melegenda

Jakarta – Seekor burung lovebird bernama Kusumo jadi legenda di kalangan pencinta burung karena pernah ratusan kali juara dan ditawar hingga Rp 2 miliar. Apa yang bikin burung ini istimewa?

Pemilik lovebird Kusumo, Sigit Marwanta atau Sigit Wmp, mengatakan burung tersebut sudah menjadi juara I di berbagai lomba skala nasional hampir 400 kali. Salah satu keistimewaan burung ini adalah durasi ‘ngekek’ yang lama.

“Durasinya 258 detik sekali ngekek, sampai 4 menitan. Awalnya saya juga nggak percaya, ternyata pas dibuktikan bisa,” kata Sigit saat berbincang, Jumat (23/11/2018).

Selain itu, lovebird Kusumo juga bisa menirukan suara lain di sekitarnya. “Di sampingnya ada suara apa, suara belalang, Kusumo langsung copy paste,” sambungnya.

Awalnya, Sigit hanya menargetkan Kusumo menang lomba selama 7 pekan berturut-turut. Ternyata, burung itu malah tak pernah kalah bertahun-tahun.

Baca Juga: Harga Burung Lovebird Bulan Agustus

“Selama 3,5 tahun lomba, tiap minggu juara. Hampir 400 kali juara I di lomba skala nasional,” ucap Sigit.

Sigit menuturkan tidak ada rahasia di balik legenda lovebird Kusumo. Yang terpenting adalah pemilik harus memahami karakter burung tersebut.

“Kita harus ngerti karakter burung, alami saja. Semua tergantung proses, nggak bisa langsung. Cara ngerawatku sudah kusharing, banyak juga yang lalu berhasil,” ungkapnya.

Baca Juga: Harga Burung Bulan September

Saking istimewanya, lovebird Kusumo pernah ditawar seharga Rp 2 miliar dalam bentuk mobil mewah. Kini, legenda burung betina itu berakhir setelah mati pada Senin (19/11) lalu.

“Saya sendiri sudah ikhlas,” ucap Sigit.

Sumber: news.detik.com