Perawatan Murai Untuk Lomba Biar Dapat Hasil Maksimal Terbaru 2018

Perawatan Murai Untuk Lomba/kontes – Hay sobat bertemu lagi dengan kami suaraburungmaster.info yang masih setia menemani anda dengan informasi seputar burung ocehan, sekarang ini masih dalam pembahasan tentang burung murai sebelumnya kami sudah membahas tentang aneka pakan murai agar rajin gacor,┬ángeplong dan karena burung murai ini merupakan burung petarung maka kali ini kami akan mengulas tentang perawatan murai untuk lomba dan cara-cara yang akan kami berikan ini kami sudah merekomendasikan dari berbagai nara sumber yang sudah ahli dalam merawat murai untuk lomba namun sebelum beranjak ke tahap inti alangkah baiknya jika anda mengenal lebih jauh tentang burung murai untuk lomba.

Sebuah kontes burung memang sudah marak di indonesia apalagi untuk kontes burung murai, murai batu memang salah satu burung yang sangat istimewa dia memiliki mental figter yang sangat kuat sehingga burung ini layak di sebut sebagai burung petarung, selain memiliki mental fighter burung murai juga bisa menembak suara burung ocehan lainya seperti prenjak, cililin, cucak jenggot dan lain sebagainya, karena itu burung murai juga bisa dikatakan burung yang cerdas, namun untuk memiliki murai yang istimewa tentunya tidak gampang, apalagi untuk memiliki burung murai yang di buat kontes pasti harus mendapatkan perawatan kusus untuk itu dan kita juga harus benar-benar faham dengan cara merawat burung.

perawatan untuk murai lomba

Untuk merawat burung murai kontes tentunya kita juga harus benar-benar mengenali karakter burung tersebut, karena dengan kita mengenal karakter burung tersebut kita bisa tau apa kekurangan burung itu, karena untuk menjaga performa burung lomba itu tidak mudah butuh keahlian tersendiri untuk itu semua, kalau kita sudah mahir dalam merawat burung pasti kita tau kekurangan burung tersebut dan kita juga tau apa yang kita lakukan supaya kekurangan burung itu bisa terpenuhi, dan untuk perawatan burung murai lomba ini juga bervariatif perawatan bisa berubah ketika burung akan di lombakan seminggu sebelumnya, dan dua hari sebelum lomba juga berubah, nah dari pada bingung lebih baik kita langsung simak saja cara perawatan murai untuk lomba di bawah ini;

Baca Juga  Cara memilih Murai batu Bakalan Yang Bagus Dan Benar

Perawatan Murai Untuk Lomba/kontes

Perawatan Harian Untuk Murai Batu Kontes

  • Setiap pagi jam 7.00 anda harus membuka krodong burung lalu gantang di tempat yang teduh atau di angin-anginkan
  • Sambil di angin-anginkan berikan jangkrik 4 atau 5 biji setiap hari, jangan lupa sebelum memberikan jangkrik potong dulu kepala dan kaki jangkrik.
  • Setelah selesai di angin-anginkan dan di beri jangkrik barulah anda jemur sekitar 1 sampai 2 jam tergantung murainya kadang ada murai yang tidak mau di jemur lama.
  • Setelah di jemur gantang murai di teras untuk di angin-anginkan mungkin selama 20 menit krodong lagi murai kesayangan anda, setelah itu gantang murai di seklilingan burung master supaya murai semakin banyak lagunya.
  • Kemudian untuk sore hari jam 3 buka lagi krodong si murai
  • Setelah di buka krodong langsung saja mandikan burung tersebut dan jangan lupa juga untuk membersihkan sangar.
  • Setelah memandikan langsung saja beri jangkrik 5 ekor
  • Setelah mandi dan sudah di beri jangkrik barulah gantung murai di tempat yang tidak terlalu bising dan tidak terlalu terang.

Nah itu merupakan cara perawatan harian untuk murai lomba, dan untuk tambahan vitamin lebih baik anda berikan dua minggu sekali karena burung murai mempunyai gerak yang banyak dan dia juga sedikit sensitif dengan bau-bauan yang sangat berlebihan, nah untuk selanjutnya kami akan memberikan info kepada anda tentang cara perawatan murai seinggu sebelum di lombakan dan cara ini seperti yang saya bilang diatas bahwa perawatan untuk murai lomba selalu ada perubahan.

Perawatan Murai Batu 1 Minggu Sebelum Lomba

  • Hari pertama sampai hari ke tiga anda masih bisa menarapkan cara perawtan harian yang sudah saya jelaskan di atas.
  • Namun Untuk hari ke empat pola perawatan sedikit di tingkatkan, dengan memberikan jangkrik 8 pagi dan 7 sore total jadi 15 ekor jangkrik dalam satu hari.
  • Dan Hari ke lima, anda bisa meningkat lagi pemberian jangkrik bisa 9 pagi dan 9 sore lalu tambahkan dengan pemberian ulat hongkong 4 ekor.
  • Hari ke enam, anda bisa meningkatan lagi pemberian pakan jenis EF jangkrik 13 pagi dan 10 sore jadi total 23 ekor jangkrik, tambahkan 4 ekor jangkrik, serta 1 setengah sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, anda bisa krondong full seharian di tempat yang tenang dan teduh.
  • Hari H hari ketujuh pagi hari anda bisa memberikan 10 ekor jangkrik, 4 ekor ulat hongkong dan 2 sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, usahakan murai batu jangan di mandikan dulu, jika masih menunggu perlombaan anda bisa menjauhkan burung murai batu anda di tempat yang jauh dari area perlombaan.
  • Jika murai batu akan di turunkan lagi pada babak berikutnya anda bisa memberikan 5 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong dan jauhkan dari area perlombaan, usahakan jangan di mandikan dulu.
Baca Juga  Cara Mengatasi Murai Batu Drop Mental Dengan Benar

Nah keren bukan bagainama cara perawatan murai untuk lomba apalagi yang pas bagian seminggu sebelum di lombakan, murai harus di doping sedemikian rupa supaya pas di hari H bisa mendapatkan performa terbaik burung tersebut, dan untuk burung murai loma ini memang cenderung sering di krodong karena dia memang burung kusus untuk lomba, mungkin demikianlah ulasan kami tentang cara perawatan burung murai untuk lomba, selamat mencoba.

Perawatan Murai Untuk Lomba Biar Dapat Hasil Maksimal | suaraburungmaster | 4.5