Penampakan Sarang Burung Trucukan Di Habitat Aslinya

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Burung trucukan atau jog-jog dikenal sebagai burung dengan penggemar paling banyak di Indonesia terutama di Jawa Barat. Selain murah meriah, perawatannya pun terbilang cukup mudah.

Ada yang menarik dari pemeliharaan burung trucukan, yaitu fakta bahwa burung trucukan memiliki nasib yang lebih beruntung dibanding burung kutilang yang cenderung dimusuhi oleh sebagian penggemar burung kicauan. Terlepas dari hal tersebut, burung trucukan memang memiliki gaya dan kicauannya yang khas.

Suara ropelan burung trucukan memang sedikit mirip dengan suara burung cucak rawa. Karena itu pula burung trucukan yang rajin mengeluarkan suara ropelannya sering dihargai dengan harga yang tinggi. Apalagi jika burung tersebut berani mengeluarkan gaya khasnya yaitu buka sayap seperti burung garuda, atau nge-garuda.

Baca Juga: Suara Burung Trucukan

Perawatan burung trucukan tak jauh berbeda dengan burung pada umumnya, terutama dalam pemberian pakan. Trus, gimana caranya membuat pakan tambahan agar trucukan dapat mengeluarkan suara ropelannya? Berikut tipsnya:

Bahan:

1/2 butir buah apel yang masih segar
Dua sendok makan kroto bersih
Cara pembuatan:

Apel diparut hingga menjadi butiran halus, lalu disaring dan airnya dibuang.
Ampas dari hasil saringan tersebut dicampur dengan kroto hingga bercampur merata.
Ambil secukupnya lalu berikan pada burung , sedangkan sisanya bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan kembali.
Semoga dengan memberikan pakan racikan ini, burung trucukan yang tadinya jarang berbunyi atau macet bunyi, menjadi rajin dan mau mengeluarkan suara ropelannya yang khas.
Selamat mencoba ya!

Sumber: www.jitunews.com