Ciri Murai Medan Super Dan Cara memilih Bakalan Murai Terbaru 2018

Ciri Murai Medan Super Mental Juara – Hay sobat berjumpa lagi dengan kami suaraburungmaster.info yang masih setia menemani anda dengan berbagai informasi seputar burung ocehan, sebelumnya kami sudah membahas tentang cara merawat murai mabung dan kali ini kami juga akan mengulas tentang bagaimana ciri-ciri murai medan super mental juara, cara memilih murai batu bakalan bagus dan bermantal juara.

Murai batu medan merupakan salah satu dari jenis murai yang sangat banyak diminati oleh banyak orang, murai medan juga memiliki sebutan lain yaitu murai bahorok dan nama tersebut diambil dari nama hutan yang ada di pulau sumatera, murai medan banyak sekali tersebar di medan namun saat ini burung ini sangat langkah entah itu karena habitat burung semakin sempit atau kebanyakan orang yang memburu burung murai medan tersebut.

Untuk ciri murai medan super adalah ada pada ekornya, murai medan memiliki panjang ekor hingga 28 sampai 30cm, murai medan juga bisa dibilang sebagai burung petarung karena burung ini memiliki mental fighter yang sangat bagus, dan burung ini juga mempunyai suara dengan volume keras dan tebal serta burung ini juga bisa menirukan suara burung ocehan lainya, jadi tidak heran jika burung ini banyak yang memburunya entah itu masih anak-anak, trotol, bakalan ataupun sudah jadi.

ciri murai medan super

Namun kali ini kami akan memberikan tips untuk anda jika mau membeli burung murai super atau masih bakalan, dan tips yang kami berikan ini mungkin sangat penting sekali bagi anda yang belum tau tentang murai batu, jadi jika anda mau ke pasar burung untuk membeli burung murai tidak ada salahnya jika anda membaca dulu ciri murai medan super di bawah ini;

Ciri Murai Medan Super Mental Juara

  • Langkah pertama pastikan umur murai batu yang anda cari berkisar umur 4 – 6 bulan.
  • Anda bisa melihat dari ekor murai batu, jika ekor burung itu panjang brarti itu murai medan.
  • Jika di lihat dari segi fisik anda bisa melihat postur tubuh murai batu bakalan lebih besar agak panjang, ini salah satu murai batu medan bakaln yang mempunyai potensial bermental juara jika di lihat dari segi postur tubuhnya.
  • Ketrekan & suara : Jika sobat membeli burung murai batu bakalan anda bisa melihat dari suara yang murai batu bakalan keluarkan, biasanya jenis murai batu yang mempunyai kualitas super dan bermental juara murai batu bakalan mempunyai suara yang sangat keras, anda bisa memilih murai batu bakalan dengan suara yang nyamanbung atau gacor lama dengan jeda yang sangat lama, di karenakan murai batu bakalan seperti ini mempunyai potensi yang sagat bagus dalam dunia kontes / perlombaan murai batu, tinggal cara perawatan murai batu itu sendiri dengan cara konsisten agar menjadi burung murai batu yang sangat super.
  • Fisik : Untuk murai batu bakalan / anakan yang bagus biasanya mempunyai ukuran tubuh yang sangat panjang dan besar, dari faktor fisik ciri tubuh yang seperti ini mempengaruhi faktor gagah dari murai batu itu sendiri, anda juga bisa melihat dari bentuk kepalanya cari jenis burung murai batu bakalan yang mempunyai bentuk kepala agak gepeng.
  • Paruh : anda juga bisa meiliha ciri murai batu bakalan ini bisa di liat dari bentuk paruhnya yang agak panjang dan lancip dengan bentuk paruh yang seperti ini, sangat berpotensi jenis burung murai batu bakalan akan mempunyai suara gacor yang sangat keras.
Baca Juga  Cara Membedakan Murai Jantan Dan Betina

 

Disini kami juga akan memberikan informasi tambahan kepada anda tentang cara merawat murai batu harian dan merawat murai batu untuk lomba, karena cara untuk merawat burung murai batu itu tidak gampang, tetap butuh perjuangan dan konsisten dalam merawat burung dan terutama anda harus memberikan makan secara higenis dan selalu menjaga kebersihan sangkar dan lainya, nah bagaimana cara tersebut mari kita simak di bawah ini;

Cara Merawat Murai Batu
  • Sebelum memandikan murai batu alangkah baiknya jika anda menjemur terlebih dahulu atau di angin anginkan di teras mungkin sekitar 30 menit.
  • Sesudah 30 menit anda bisa langsung memandikan burung MB menggunakan semprotan namun jangan lupa pakan sama minumnya di keluarkan terlebih dahulu.
  • Jika sudah di mandikan anda tinggal menjemur MB hingga kering dan saat menjemur MB anda juga bisa sambil membersihkan tempat makan dan minum serta sangkarnya supaya si MB tidak mudah terkena kuman,
  • Setelah membersihkan wadah pakan anda bisa mengganti pakan voer yang baru dan minuman yang baru di setiap harinya, agar MB anda tidak mudah terserang penyakit.
  • Setelah murai batu sudah di mandikan dan sudah kering langsung saja berikan makananya terutama jangkriknya dulu mungkin 3 biji juga bisa dan sore juga tiga biji.
  • Setelah makanan sudah di masukkan kedalam sangkar dan barulah burung murai bisa di gantang di tempat yang sejuk, biasanya setelah demikian MB akan gacor, dan untuk memberikan kroto anda bisa memberikan 3 hari sekali, dan cara-cara ini harus dilakukan secara rutin.

Perawatan Harian Untuk Murai Batu Kontes

  • Setiap pagi jam 7.00 anda harus membuka krodong burung lalu gantang di tempat yang teduh atau di angin-anginkan
  • Sambil di angin-anginkan berikan jangkrik 4 atau 5 biji setiap hari, jangan lupa sebelum memberikan jangkrik potong dulu kepala dan kaki jangkrik.
  • Setelah selesai di angin-anginkan dan di beri jangkrik barulah anda jemur sekitar 1 sampai 2 jam tergantung murainya kadang ada murai yang tidak mau di jemur lama.
  • Setelah di jemur gantang murai di teras untuk di angin-anginkan mungkin selama 20 menit krodong lagi murai kesayangan anda, setelah itu gantang murai di seklilingan burung master supaya murai semakin banyak lagunya.
  • Kemudian untuk sore hari jam 3 buka lagi krodong si murai
  • Setelah di buka krodong langsung saja mandikan burung tersebut dan jangan lupa juga untuk membersihkan sangar.
  • Setelah memandikan langsung saja beri jangkrik 5 ekor
  • Setelah mandi dan sudah di beri jangkrik barulah gantung murai di tempat yang tidak terlalu bising dan tidak terlalu terang.
Baca Juga  Suara Murai Batu Bahorok Gacor Full

Perawatan Murai Batu 1 Minggu Sebelum Lomba

  • Hari pertama sampai hari ke tiga anda masih bisa menarapkan cara perawtan harian yang sudah saya jelaskan di atas.
  • Namun Untuk hari ke empat pola perawatan sedikit di tingkatkan, dengan memberikan jangkrik 8 pagi dan 7 sore total jadi 15 ekor jangkrik dalam satu hari.
  • Dan Hari ke lima, anda bisa meningkat lagi pemberian jangkrik bisa 9 pagi dan 9 sore lalu tambahkan dengan pemberian ulat hongkong 4 ekor.
  • Hari ke enam, anda bisa meningkatan lagi pemberian pakan jenis EF jangkrik 13 pagi dan 10 sore jadi total 23 ekor jangkrik, tambahkan 4 ekor jangkrik, serta 1 setengah sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, anda bisa krondong full seharian di tempat yang tenang dan teduh.
  • Hari H hari ketujuh pagi hari anda bisa memberikan 10 ekor jangkrik, 4 ekor ulat hongkong dan 2 sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, usahakan murai batu jangan di mandikan dulu, jika masih menunggu perlombaan anda bisa menjauhkan burung murai batu anda di tempat yang jauh dari area perlombaan.
  • Jika murai batu akan di turunkan lagi pada babak berikutnya anda bisa memberikan 5 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong dan jauhkan dari area perlombaan, usahakan jangan di mandikan dulu.

Demikianlah ciri murai medan super mental juara serta cara memilih murai batu bakalan yang bagus, ciri-ciri murai medan diatas merupakan salah satu informasi yang mungkin penting bagi anda jika mau membeli burung di pasaran, karena kita tau jika di pasar itu sangat banyak sekali burung murai batu, ada yang masih anakan, trotol, jaringan, serta banyak juga yang sudah jadi. Dan untuk harga juga sangat berfariatif tergantung dari kondisi si burung, jadi kita harus jeli memilih burung atau jika kita ragu lebih baik kita mengajak teman yang sudah faham tentang burung untuk pergi ke pasar beli burung.

Baca Juga  Perawatan Murai Untuk Lomba Biar Dapat Hasil Maksimal
Source :

Cara cara memilih burung murai medan

Ciri Murai Medan Super Dan Cara memilih Bakalan Murai | suaraburungmaster | 4.5