Cara Melatih Burung Pleci Bernyanyi

TRIBUNNERS – Burung Pleci merupakan idola baru bagi para penghobi burung, khususnya para penghobi burung berukuran kecil.

Selain karena perawatannya mudah, para penghobi menyukai pleci karena suara ngerol-nya yang nyaring.

Burung yang sebelumnya dipandang sebagai burung murah ini menjelma menjadi burung berkelas dengan harga melejit.

Baca Juga: Harga Burung Pleci

Dulu seekor burung Pleci dijual seharga Rp 5000, dan sekarang sudah menembus harga Rp 50000. Itu pun masih burung Pleci bakalan.

Sedangkan Pleci yang sudah rajin ngerol dapat dibanderol seharga Rp100.000 – 200.000an.

Perlombaan-perlombaan burung pun sudah mulai melombakan burung mungil ini. Tidak hanya perlombaan burung kelas bawah,namun perlombaan-perlombaan burung kelas nasional pun juga sudah mulai melombakan Burung Pleci ini. Maka tidak heran bila harga Pleci melambung di pasaran.

Burung yang sedang naik daun ini juga mudah dalam hal perawatannya. Cukup diberi makan pisang serta sedikit vor halus secara teratur saja.

Kandang burung juga harus dibersihkan minimal 3 hari sekali agar selalu dalam keadaan bersih dan juga agar burung menjadi sehat.

Jika burung Pleci sehat, untuk melatihnya juga lebih mudah. Namun perlu diingat, untuk melatih pleci agar cepat ngerol itu bukan merupakan hal yang mudah.

Berikut ini merupakan langkah-langkah melatih burung pleci agar cepat ngerol.

Baca Juga: Harga Burung

Langkah pertama, burung pleci dikeluarkan pada pukul 5 pagi agar terkena embun.

Setelah itu, semprot burung pleci pada pukul 6 pagi kemudian dijemur, usahakan penjemuran dilakukan ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Namun, menjemurnya tidak usah terlalu lama, yang terutama sampai bulu Pleci kering. Setelah dijemur, usahakan Pleci diberi sedikit pakan tambahan yaitu kroto. Tujuan pemberian kroto yaitu untuk mencegah serangan penyakit dan membuat Pleci lebih bergairah.

Langkah selanjutya, krakap Pleci dan tempatkan ditempat yang gelap, sambil dimaster menggunakan hp atau audio musik.

Namun lebih baik jika dimaster menggunakan burung Pleci yang sudah ngerol secara langsung, jika memungkinkan.

Sekitar pukul 2 siang, krakap dibuka dan gantung Pleci ditempat yang berangin, namun lebih bagusnya dibawah pohon. Tujuannya yaitu agar Pleci lebih rileks dan kemudian mengeluarkan suara-suara khasnya atau ngerol.

Langkah yang terakhir yaitu, pada pukul 5 sore krakap kembali Pleci sampai pagi.

Dan ingat, tidak usah memandikan Burung Pleci pada malam hari, karena burung ini hanya berukuran kecil takutnya burung ini malah kedinginan dan mati.

Ulangi kembali langkah-langkah tersebut minimal sampai 2 Minggu. Kunci dari pelatihan burung Pleci ini adalah ketelatenan dari para penghobi.

Jika para pengobi telaten dalam melatih burung serta burung Pleci anda juga merupakan Pleci berkualitas bagus maka hasilnya pasti akan memuaskan dan bukan tidak mungkin burung Pleci yang anda miliki akan segera mengeluarkan suara ngerolnya.

Sumber: tribunnews.com